Select the search type
 
  • Site
  • Web
Search
 
 
28

Administrator posted on January 28, 2011 03:01 Article Rating

Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) adalah salah satu penyebab terbesar yang menjadi penyebab meningkatnya enzim hati. Berdasarkan laporan statsitik yang ada saat ini, 20-40 % populasi di negara barat dan 5-30 % populasi di negara Asia Pasifik menderita kelainan ini, dengan insiden tertinggi pada rentang usia 40-49 tahun. Prevalensi dari NAFLD menjadi lebih tinggi pada orang dengan hiperlipidemia, diabetes dan obesitas. Studi berikut ini bertujuan melihat manfaat pemberian silymarin yang merupakan salah satu komponenHepamax dalam penanganan NAFLD ini.

Studi ini merupakan studi acak dengan pembanding, yang melibatkan 50 pasien NAFLD (32 pria dan 18 wanita, rerata usia adalah 40 tahun). Pasien kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 25 pasien merupakan kelompok silymarin dan 25 pasien merupakan kelompok kontrol yang mendapat plasebo. Semua pasien memiliki kadar enzim hati di atas normal dan mengalami peningkatan echogenisitas pada pemeriksaan USG. Pada kelompok terapi pasien diberikan silymarin dengan dosis 140 mg/hari, kedua kelompok menjalani penelitian ini selama 2 bulan. Sebelum dan setelah penelitian , berat badan, indeks massa tubuh (IMT) dan enzim transaminase hati diukur pada setiap pasien.

Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa pada kelompok silymarin terjadi penurunan kadar ALT dari 103.1 menjadi  41.4 IU/mL dan AST dari  53.7 menjadi 29.1 IU/mL (p<0.001 & p<0.001).  Pada kelompok kontrol rerata nilai penurunan ALT dan AST adalah 7.8 dan 2.2 IU/mL tetapi secara statistik nilainya tidak bermakna (p>0,05)

Untuk pengukuran berat badan dan IMT sebelum dan setelah terapi tidak diketemukan perbedaan yang bermakna baik pada kelompok silymarin maupun kelompok kontrol (plasebo).

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian silymarin memberikan manfaat dalam terapi NAFLD yaitu dalam memperbaiki profil enzim hati ALT dan AST yang mengalami peningkatan di atas kadar normal pada pasien-pasien ini.

Oleh: DHS

Posted in: Health, Healthy Living, Herbal

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: